kali ini kita akan membahas secara singkat pola kalimat bahasa jepang menggunakan agemasu, moraimasu, dan kuremasu.

あげます agemasu berarti memberi
もらいます moraimasu berarti menerima
くれます kuremasu berarti memberi (kepada saya -yang diberi adalah saya-)

pola dasarnya adalah sebagai berikut

A + は + B + に + (obyek + を) + あげます / もらいます / くれます

わたしは こいびとに はなを あげます
watashi wa koibito ni hana o agemasu
saya memberi bunga kepada pacar saya :)

ドニさんは トミせんせいに ほんを もらいました
doni-san wa tomi-sensei ni hon o moraimashita
doni menerima buku dari tomi sensei

contoh kalimat di atas menggunakan bentuk lampau (masu menjadi mashita) namun dalam penggunaannya bisa diubah2 sesuai situasi.
partikel ni di kalimat tersebut berarti "dari", dan partikel NI tersebut dapat digantikan dengan partikel KARA, yang artinya sama "dari".

ドニさんは トミせんせいから ほんを もらいました
doni-san wa tomi-sensei kara hon o moraimashita

ははは わたしに おもちゃを くれました
haha wa watashi ni omocha o kuremashita
ibu memberikan mainan kepada saya
umumnya karena kata kuremasu selalu mempunyai arah "kepada saya" maka kata WATASHI NI bisa dihilangkan tanpa mengubah arti menjadi:

ははは おもちゃを くれました
haha wa omocha o kuremashita
ibu memberikan mainan kepada saya

sebagai tambahan ketika menginjak level menengah, kata kuremasu dapat dipakai juga untuk orang-orang bergolongan UCHI (baca artikel disini)

kata agemasu, moraimasu dan kuremasu dapat pula di gabungkan dengan kata kerja lainnya dengan pola:

Kata Kerja bentuk TE + あげます / もらいます / くれます

agemasu moraimasu dan kuremasu disitu tidak hanya berarti memberi / menerima, namun sekaligus menunjukkan arah "siapa - yang melakukan sesuatu hal - untuk siapa".

kadang kalimatnya mengandung rasa suka, rasa terima kasih karena orang lain telah melakukan sesuatu untuk kita.

わたしは きむらさんに ほんを かしてあげました。
watashi wa kimura san ni hon o kashite agemashita.
saya meminjamkan buku kepada sdr. Kimura.

ともだちは あのおしらせを おしえてくれました。
tomodachi wa ano oshirase o oshiete kuremashita
teman saya memberitahukan kepada saya pengumuman itu.

ありなさんは かれしに にんぎょうを かってもらいました。
arina-san wa kareshi ni ningyou wo katte moraimashita.
arina dibelikan boneka oleh cowoknya.

kaimasu / kaimashita (lampau) berarti membeli, jika ubah ke bentuk te moraimasu (ada unsur menerima) artinya menjadi: "membeli+menerima" = dibelikan.


Baca Juga :



Comments (0)