SEKILAS TENTANG NEGERI SAKURA

Negeri Jepang terletak di sebelah Timur dari daratan Cina, berada di Samudera Pasific ber seberangan dengan Negara Rusia dijajaran Utara, Negara Korea Utara di jajaran Tengah dan Korea Selatan di jajaran Selatan yang dibatasi oleh laut Jepang itu sendiri.

Negeri ini hampir sama dengan Negara Indonesia yang teridiri dari deretan Kepulauan yang besar maupun kepulauan Kecil.

Ada empat pulau besar yaitu, pulau Honshu, yang paling besar, kedua pulau hokaido, ketiga pulau Kyushu dan yang keempat adalah pulau shikoku.

Dari gugusan pulau ini berderet mulai dari Barat Daya ke Timur Laut memanjang membayangi pinggiran Negara Korea Utara, Korea Seladan dan Rusia, di batasi oleh Laut Jepang dan hiasi oleh kepulauan seperti : Kepulauan Ryuku, Kepulauan Osumi, Kepulauan Satsuna, Pulau Sado, Pulau Okinawa dan masih banyak lagi pulau kecil lainnya.

Pada Perang Dunia ke II, negeri ini pernah diporakporandakan oleh Bom Atom Amerika yang kita kenal dengan Hom Hiroshima dan Nagasaki.

Hirosima adalah kota yang terletak di pulau Honshu dan Nagasaki adalah kota yang terletak di Pulau Kyushu di Ujung Selatan Barat Daya Negara ini.

Berkat ketekunan dan semangat tinggi yang dikenal dengan sebutan “YAMATO DAMASHI” (semangat Jepang), negeri ini bangkit dan dapat mensejajarkan diri dengan negara lain, yang tidak terkena Bom Atom Amerika dan menjadi negara Industri Raksasa Dunia.

Negeri ini menjuluki Pimpinan Negara / Raja nya dengan sebutan HIRO HITO, yang kira-kira kalau diberi arti adalah “Dewa Matahari”, rakyatnya sangat menghargai Pimpinan nya sehingga Sang Raja bila melintas, dan ada suara “TENNO HEIKA” yang kira-kira kalau diberi arti adalah “Baginda Raja” sedang lewat, semua masyarakat yang dilewati harus sujud berlutut, dan konon kabarnya terdapat orang yang tidak taat berlutut akan dipenggal kepalanya oleh pengawal, ini lagenda yang diceritakan oleh orang tua kita dahulu pada masa penjajahan Jepang di Indonesia, tapi belum pernah ada peristiwa seperti itu terjadi.

Bendera Negara ini adalah Dasar Putih dan ditengahnya terdapat bulatan Merah, mereka menamakan bendera ini dengan “HI NO MARU”, yang kira-kira kalau diberi arti ada adalah “Bulat nya Matahari”.

Bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa Jepang dengan Empat Macam Tulisan Huruf yaitu : Huruf / abjad Laten mereka sebut dengan “ROMAJI”, huruf HIRAGANA, huruf KATAKAN dan Huruf HANJI (KANJI) berasal dari Negara serumpunnya yaitu CINA.

Demikianlah sepintas tentang Negara Jepang dan mari kita pelajari Bahasanya
“ NIHON GO BENLYOO SHIMASHOO “

NIHON GO BENKYOO O  SHIMASHOO
Marilah kita belajar Bahasa Jepang

Sebagaimana pendidikan pada umumnya, Bahasa Jepang juga memiliki tingkat pelajaran yang berjenjang, mulai dari tingkat paling dasar atau tingkat taman kanak-kanak yang disebut “YOOCHIEN”. Tingkat Sekolah Dasar yang disebut “SHOOGAKKO”, dan anak didiknya disebut “SEITO”, tingkat Sekolah Menengah Pertama, yang disebut “CHUUGAKKOO” atau Sekolah Kejuruan Menengah Atas, disebut  “KOOTOOGAKKO” atau Sekolah Kejuruan  Menengah Atas di sebut “SEMMON GAKKOO” dan anak didiknya disebut “GAKUSEI”, dan Tingkat yang lebih tinggi lagi, Universitas disebut “DAIGAKU”, dan anak didiknya disebut  “DAI GAKUSEI”.
Pengajar dari Tingkat dasar sampai Tingkat Menengah Atas disebut “SENSEI” dan Rektor, Dosen, Pimpinan Perguruan Tinggi disebut “GAKUCHOO”.

Materi Pelajaran yang biasa di kaji dalam Bahasa Jepang adalah :



  1. Pelajaran Dasar, yaitu belajar mengucap yang disebut “SHOOLYU”.
  2. Tata bahasa, merangkai kalimat yang disebut “BUNPO”.
  3. Percakapan yang disebut “KAIWA”.
  4. Perbendaharaan kata yang disebut “OBOERU KOTOBA”.
  5. Hapalan kata-kata baru yang disebut “ATARASHI KOTOBA”.
  6. Latihan-latihan yang disebut “FUKUSHUU/RENSHUU/YOSEI.
  7. Mempelajari tulisan huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang.

Huruf – huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang meliputi :


  1. Huruf ROMAJI, yaitu digunakan huruf Roma, yang kita kenal dengan huruf latin.
  2. Huruf HIRAGANA, yaitu huruf Jepang Asli.
  3. Huruf KATAKANA, yaitu huruf Jepang yang digunakan untuk menulis kata-kata asing.
  4. Huruf KANJI, yaitu huruf Han, huruf Cina tapi dalam ucapan Jepang.

Biasanya dari empat kelompok huruf tersebut, bisa terjadi terangkai dalam satu kalimat sesuai fungsi masing-masing huruf dalam kebutuhan kalimat itu sendiri.

Bisa terjadi masih dalam tahap belajar, dapat menggunakan huruf seperti HIRAGANA, KATAKANA dan diantar oleh ROMAJI, sudah cuku menulis dan berkomunikasi dengan baik dengan orang Jepang. Karena pada dasarnya semua huruf memiliki pasilitas yang sama.
*catatan masih dalam kajian pusat studi budaya jepang.


Baca Juga :



Comments (0)